Potensi Pertambangan Aceh

img_1066.jpg

Nanggroe Aceh darussalam adalah daerah yang memiliki lokasi yang sangat strategis dan dikaruniai sumber daya alam yang melimpah. Potensi Sumber daya mineral di Aceh, antara lain meliputi gas alam, minyak bumi, batu bara, emas, dan tembaga. Gas alam dan minyak bumi yang ada di Arun dan daerah lainnya di Aceh telah memberikan sum-bangan yang cukup besar terhadap devisa negara. Sayangnya, jumlah yang diambil oleh pemerintah pusat selama lebih dari tiga dekade pada masa Orde Baru terlalu besar, sementara yang dikembalikan untuk rakyat Aceh terlampau kecil (tak lebih dari 5%). Selain itu, rakyat Aceh sering diperlakukan kurang manu-siawi, terutama ketika DOM di Aceh (1989-1999) diberlakukan oleh rezim Orde Baru, sehingga tidak mengherankan jika Aceh bergolak. Semua yang terjadi sekarang di daerah Serambi Mekkah adalah akibat dari perlakuan yang kurang adil dan manusiawi di masa lalu.

Daerah Aceh memiliki kekayaan bahan tambang, seperti emas, tembaga, timah hitam, minyak bumi, batubara, dan gas alam. Selain itu, terdapat potensi emas di daerah Aceh Besar, Pidie, Aceh Tengah, Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Selatan dan Gayo lues. Tambang biji besi terdapat di Aceh Besar, Aceh Barat, Blang Pidie dan Aceh Selatan. Tambang mangan terdapat di Kabupaten Aceh Tenggara dan Aceh Barat. Sementara biji timah, batu bara, dan minyak bumi terdapat di Aceh Barat dan Aceh Timur, yakni di Rantau Kuala dan Sim-pang Peureulak, serta gas alam di daerah Lhok Sukon dan Kabupaten Aceh Utara.

About these ads

3 Tanggapan so far »

  1. 1

    adhez said,

    BRAVO LPSIPA……
    Sudah saat nya kita semua generasi muda bangkit dan terus menempa sumberdaya manusia kita agar sumberdaya mineral yang ada di Aceh dapat kita eksploitasi oleh kita sebagai putra-putra daerah dan buat kemakmuran rakyat Aceh khususnya.

  2. 2

    satria said,

    SALAM PEDULI LINGKUNGAN…
    seharusnya sumber daya mineral kita perlu disimpan, untuk ank cucu KITA KELAK saat ini banyak terdapat kerusakan lingkungan di akibatkan oleh pertambangan, dan kehidupan pun msih bnyak dibawah kemiskinan…….
    saya dari anggota walhi turut prihatin atas lingkungan di Aceh di sebabkan oleh pertambangan.

    • 3

      Prince Yasir said,

      Terima kasih bang…..Selama hidupnya, manusia tidak pernah lepas dari dukungan pemanfaatan hasil pertambangan tambang untuk meningkatkan kesejahteraan. Terkait apa yang abg sampaikan tadi maka strategi pembangunan berkelanjutan itulah yang terbaik. Dalam hal ini keberlanjutan dimaksudkan sebagai kapasitas penampung dari ekosistem untuk mengasimilasikan pemborosan agar tidak sampai berkelebihan. Artinya ada usaha untuk mengefisiensikan pemborosan terhadap pemanfaatan sumberdaya yang tersedia dengan menyesuaikan dengan kemampuan pada setiap generasi. Keberlanjutan sendiri dapat dilihat dalam beberapa dimensi: manusia, sosial , lingkungan, dan ekonomi.

      Masalah kerusakan lingkungan di aceh , sebenarnya sektor lain memberikan sumbangan lebih besar seperti misalnya ilegal logging. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pertambangan selama dikelola dengan benar dan sesuai kaidah-kaidah yang berlaku. Artinya dalam hal ini perlu dibuat regulasi yang tepat berkaitan dengan hal ini supaya kasus-kasus yang terjadi diluar Aceh tidak terulang.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: